PEMBATASAN BARU DARI PEMERINTAH : PENGUSAHA MINTA BANTUAN

Pemerintah terapkan pembatasan baru yang dimana hal ini membuat pemulihan ekonomi jadi terhambat. Pelaku usaha menginginkan, pentingnya saluran bantuan untuk mereka agar UMKM bisa terus bertahan di masa depan terutaam bertahan untuk melewati masa sulit seperti sekarang ini.

UMKM berharap keseimbangan antara peraturan pemerintah dengan bala bantuan yang juga diiringi oleh keputusan tersebut. Bantuan sosial yang diberikan kepada UMKM diharapkan benar adanya dan bisa memperkuat UMKM agar mampu bertahan di masa sulit seperti sekarang ini terutama untuk menuruti kebijakan pemerintah yang baru. UMKM juga berharap pemerintah bijak dalam mengambil keputusan seperti penyelesaian pandemic yang berlangsung dan masalah ekonomi yang mendera rakyat Indonesia.

UMKM berharap jangan sampai karena masalah pandemic yang berlangsung, masalah ekonomi tidak difikirkan ke depannya oleh pemerintah. Menteri-menteri juga diharapkan bisa melihat kesulitan yang tidak hanya dialami masyarakat, tetapi juga dirasakan oleh sejumlah pengusaha yang terpaksa bergulung tikar akibat perihnya ekonomi yang semakin kritis.

Beberapa pengusaha berharap izin yang diberikan untuk UMKM agar dapat menjalani usahanya senormal mungkin bisa dimengerti kedepannya. Izin operasi dengan menerapkan protocol Kesehatan juga diharapkan menjadi cara agar pemerintah mau menormalisasikan keadaan para pengusaha untuk berdagang seperti keadaan biasanya. Mereka juga berharap sepanjang PSBB diterapkan pemerintah melakukan komunikasi yang efektif terkait protok Kesehatan dan meningkatkan kedisiplinan  masyarakat.

KBUMN dan BUMN lainnya juga menyarankan agar UMKM dapat bergabung di padiumkm.id dengan mendaftarkan tokonya secara lengkap agar bisa berjualan secara online dan berbagai aktifitas toko tetap berjalan seperti biasa. Kemudahan ini diinginkan BUMN demi berjalannya UMKM agar terus bertahan dan mampu melewati badai krisis ekonomi untuk sekarang ini.

Pasar Digital UMKM hasil inisiasi KBUMN dan BUMN lainnya ini dinilai sebagai platform digital yang akan membantu UMKM untuk dapat maju lebih cepat secara digital dan siap untuk go digital di era yang akan datang. Dengan adanya Gerakan Go digital dari pasar digital pengadaan barang dan jasa BUMN ini diharapkan ke depannya UMKM dapat semangat untuk berjualan secara online dan siap untuk merambah pasar global.

Meluncur pada Agustus 2020, platform digital beli barang dan jasa pemerintah ini mengakui bahwa sejak peluncurannya hingga akhir tahun 2020 mereka terus berusaha mengembangkan, mengedukasi UMKM serta berusaha untuk memberikan kemudahan agar UMKM mampu bertahan dan berkembang di era digitalisasi sekarang ini, fitur pembiayaan UMKM, pasar yang pasti serta kepastian pembayaran menjadi salah satu keunggulan platform digital jual barang dan jasa pemerintah ini pada penugasannya.

Pemerintah berupaya mendorong masyarakat untuk bangga mengkonsumsi buatan Indonesia, serta menjadikan UMKM terbiasa dengan pemasaran online. Program-program dimaksud selaras dengan himbauan Presiden untuk mendorong belanja barang dan jasa oleh BUMN guna menghindari resesi ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *