4 Tips Memilih Obat Batuk Anak Terbaik

Ketika anak anda sedang batuk tentu menjadi sebuah problem yang sangat mengganggu baik bagi anak maupun orang tua. Untuk itu, agar anak cepat sembuh tentu ibu harus memilihkan obat batuk anak yang terbaik.

Pemilihan obat batuk yang bagus untuk anak, sebaiknya jangan sembarangan. Anda mestinya mengetahui beberapa cara untuk mendapatkan obat batuk terbaik bagi si buah hati.

 

1. Ketahui Jenis Batuk Pada Anak

Sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu, apa jenis batuk yang diderita anak sebelum memilihkan obat batuk anak. karena jika pemilihan obat batuk tidak tepat sasaran maka penyakit tentunya tidak akan kunjung sembuh.

Jenis batuk yang pertama, ada batuk berdahak yang umumnya disebabkan oleh lendir atau dahak menumpuk di saluran pernapasan bagian bawah.  Untuk menangani batuk berdahak sebaiknya ibu memilih obat batuk dengan jenis ekspektoran yang punya kandungan guaifenesin untuk mengencerkan dahak di tenggorokan.

Sementara untuk batuk kering biasanya terjadi karena adanya infeksi saluran pernapasan di bagian atas. Obat batuk anak untuk jenis batuk kering sebaiknya punya kandungan supresan atau antitusif yang bisa meredam batuk. Lalu ada juga jenis batuk lainnya yaitu batuk alergi. Batuk ini umumnya disebabkan oleh alergi debu asap hingga partikel-partikel berbahaya yang masuk ke dalam saluran pernapasan. Jika alergi adalah salah satu penyebab batuk, maka anda harus memilih obat dengan kandungan antihistamin. Untuk lebih meyakinkan, sebelum memberikan obat Anda bisa konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

 

2. Pilih Obat Batuk Khusus Untuk Anak

Dalam memilih obat batuk untuk si buah hati sebaiknya pilih yang memang khusus menangani masalah batuk anak. Hal ini dikarenakan dosis dan kandungan antara obat batuk bagi orang dewasa dan anak tentunya berbeda-beda. Ditakutkan ketika anak juga mengkonsumsi obat batuk yang diperuntukkan bagi orang dewasa terdapat efek samping berbahaya setelahnya.

 

3. Lebih Baik Pilih Obat Batuk Dalam Bentuk Sirup

Saat memilih obat batuk anak, sebaiknya pilih yang berbentuk sirup agar anak lebih mudah untuk mencerna obat tersebut. Karena bila anda memberikan obat batuk dalam bentuk pil tablet atau puyer malahan akan susah untuk menelan obat tersebut. Obat sirup juga punya kelebihan yaitu rasanya yang lebih enak, sehingga anak juga lebih mudah untuk menelannya. Sedangkan biasanya obat dalam bentuk pil atau tablet cenderung pahit dan susah ditelan di tenggorokan.

 

4. Pilih Obat Batuk Yang Memiliki Informasi Lengkap

Ada cukup banyak obat batuk anak yang beredar di pasaran. Namun sebaiknya Anda pilih obat dengan informasi yang lengkap pada kemasan. Mulai dari apa saja kandungan yang terdapat di dalam obat. Lalu lihat juga pada kemasan apakah terdapat aturan pakai obat khusus untuk anak tersebut hingga efek samping setelah meminum obat. Nah setelah anda membaca aturan pakai, ada baiknya menggunakan sendok takar dari obat sirup yang memang disediakan pada kemasan. Karena anda tentu harus mengikuti dosis pemakaian yang dianjurkan dari obat tersebut. Dosis tersebut biasanya dibagi berdasarkan usia anak.

 

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memilih obat batuk anak. Nah bagi Anda yang sedang mencari obat batuk bagi si buah hati, bisa dengan mudah membelinya hanya di marketplace terbaik Indonesia Blibli. toko online satu ini menyediakan obat batuk khusus untuk anak dengan harga yang relatif terjangkau. Mulai dari harga ribuan hingga puluhan ribu dari berbagai merk obat terbaik dan berkualitas.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *