Inilah Tanda Mau Melahirkan yang Harus Diketahui

Seseorang yang sedang mengandung dan mau melahirkan, harus mengetahui bagaimana dan apa saja tanda mau melahirkan yang harus Anda perhatikan, proses melahirkan juga bisa berbeda dari setiap perempuan, bahkan pengalaman melahirkan pun bisa berbeda pada masing-masing anak.

 

Pada saat ingin melahirkan, yang pertama akan memberi petunjuk adalah tubuh kita. Berikut ini adalah tanda-tanda mau melahirkan yang perlu Anda ketahui!

Kontraksi yang teratur

Rahim atau uterus seorang perempuan akan secara otomatis mempersiapkan diri pada saat waktu persalinan akan dimulai. Masa bersalin atau melahirkan akan terjadi di akhir masa kehamilan, rahim biasanya akan sering mengalami kontraksi, ini disebabkan oleh bayi yang berpindah ke posisi ke daerah lebih rendah. Hal ini guna membantu proses bayi untuk lahir.

Kontraksi akan terjadi lebih teratur, berirama, dan intens saat menjelang persalinan. Dalam waktu satu atau dua jam, kontraksi akan berlangsung selama lima menit, yang dimulai dari punggung dan kemudian berputar ke depan, perut akan terasa keras seperti bola.

Ada beberapa perbedaan antara kontraksi palsu dan nyata, kontraksi palsu biasanya terjadi pada interval waktu yang tidak teratur dan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, sedangkan kontraksi nyata terjadi secara teratur. Kontraksi nyata bisa terjadi di permukaan perut, meskipun Anda mengubah posisi, seperti bergerak atau berbaring kontraksi ini akan terus berjalan, berbeda dengan kontraksi palsu.

Bayi terasa di bawah panggul

Pada saat beberapa minggu sebelum menjelang persalinan, seorang ibu akan merasa bayinya seolah-olah jatuh ke posisi yang lebih rendah, yaitu di area pinggul, hal ini merupakan tanda bahwa bayi telah memasuki posisi kepala dalam persiapan kelahiran.

Hal ini akan mempermudah tekanan diafragma perempuan, sehingga membuatnya lebih mudah untuk bernafas. Namun memberikan tekanan lebih besar pada panggul dan kandung kemih, sehingga Anda akan lebih sering untuk buang air kecil, selain itu, perut akan terlihat lebih rendah dan menonjol.

Pecah air ketuban

Air ketuban terdapat pada rahim perempuan, dimana janin yang tumbuh dan berkembang akan dikelilingi oleh air ketuban untuk mencegah terjadinya infeksi pada janin selama masa kandungan.

Apabila kantung cairan ketuban pecah, maka bayi akan secara otomatis tidak lagi dikelilingi oleh cairan pelindung, hal ini akan membuat bayi beresiko terkena infeksi. Pecahnya air ketuban merupakan tanda penting bahwa Anda sudah siap untuk menuju proses melahirkan. Jika ini terjadi, maka Anda harus sesegera mungkin pergi ke dokter kandungan atau bidan untuk menentukan kapan bayi akan lahir.

Punggung sakit dan kram

Saat waktu bersalin, Anda akan merasakan peningkatan tekanan atau kram di daerah panggul, dubur serta panggul bagian bawah. Rasa sakit tersebut bisa menyebabkan kram yang cukup lama di bagian punggung dan perut.

Keluarnya lendir yang disertai darah

Pada saat masa persalinan akan dimulai, atau sebelum persalinan, Anda akan mengalami peningkatan keputihan atau lendir yang berwarna merah muda, coklat atau sedikit berdarah. Hal ini dapat disebabkan oleh pelepasan sumbat lendir yang menghalangi leher rahim selama kehamilan, dan selama tahap awal persalinan sumbat mukosa akan memudar saat serviks mulai melebar atau membuka selama tahap persalinan.

Jika Anda mengalami salah satu pertanda di atas, sesegera mungkin untuk menghubungi dokter atau jika dirasa perlu, Anda pergi kerumah sakit untuk penanganan lebih lanjut!

Selain tanda mau melahirkan di atas, perubahan emosional juga merupakan pertanda bahwa Anda sudah siap untuk melahirkan, perasaan seperti sensitif dan gampang marah adalah biasa yang dialami sebagian besar perempuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *