5 Cara yang Perlu dicoba untuk Mengatasi Sembelit Pada Bayi di Awal MPASI

 

Salah satu hal yang wajib orangtua waspadai pada bayi adalah sembelit. Biasanya di awal MPASI bayi mengalami sembelit adalah hal yang sering membuat orangtua khawatir. Bayi jadi jarang BAB dan mengalami sembelit setelah diperkenalkan dengan makanan padat. Tetapi bunda jangan terlalu khawatir karena sebetulnya ini adalah hal normal karena pencernaan anak baru menyesuaikan diri dengan tekstur dan asupan yang terkandung dalam makanan selain ASI.

Apabila bayi mengalami sembelit, biasanya dokter akan  merekomendasikan untuk melakukan cara yang alami sebagai pengobatan  pertama untuk sembelit. berikut 5 cara untu mengatasi bayi sembelit :

1. Senam Kaki

Cara atasi sembelit pada bayi yang pertama adalah mengajak bayi melakukan senam. Sama selerti orang dewasa, melakukan olahraga dan gerakan bisa merangsang buang air besar pada bayi.

Tetapi, karena bayi tidak memungkinkan untuk berjalan ataupun melakukan olahraga sendiri, bunda bisa membantunya berolahralag atau senam kaki untuk meredakan sembelit

caranya adalah dengan melentangkan bayi kemudian gerakkan kaki bayi seperti gerakan memancal sepeda.
Melakukan senam kaki bisa membantu fungsi dari usus dan membantu mengatasi sembelit.

2. Mandi Menggunakan Air Hangat

Memandikan bayi menggunakan air hangat juga salah satu cara alami mengatasi sembelit padabayi. mandi dengan air hangat dapat mengendurkan otot perut dan membantu bayi agar tidak mengejan terlalu kuat. Mandi air hangat juga bisa meringakkan bayi dari ketidaknyamanan akibat sembelit yang dialami.

3. Beri Mpasi tinggi serat secukupnya

makanan yang mengandung banyak serat bisa membantu meringankan sembelit pada bayi. Tetapi serat yang dibutuhkan anak, khususnya pada usia bayi, berbeda dengan orang dewasa. Hal tersebut disebabkan sistem pencernaan pada bayi berkembang belum sempurna. Maka dari itu berikan asupan serat sesuai kebutuhan bay.

Bunda bisa menambahkan serat dari sayur ataupun buah setiap hari. Terutama dari buah- buahan berkulit yang langsung bisa dimakan tanpa dikupas, seperti aprikot, plum dan persik.

Tetapi, jangan memberi makanan serat yang berlebihan ya, bunda. Karena jika kebanyakan asupan serat, justru akan menyebabkan bayi bunda sembelit. Sebisa mungkin hindari memberi sereal yang sudah siap saji dan sudah melalui proses sedemikian rupa  dan juga hindari memberi buah yang bisa menyebabkan konstipasi seperti buah pisang.

4. Memberi minum air

Setelah bayu berusia 6 bulan dan sudah mulai dikenalkan dengan MPASI, selain ASI bunda oleh memberi air putih untuk tambahan cairan pada si kecil. Tetapi beri secukupnya saja untuk meringankan sembelit pada bayi.

5. Melakukan Pijat

Cara mengatasi sembelit selanjutnya adalah dengan memijat pada bagian perut bayi.
bunda bisa melakukan pijat bayi menggunakan minyak kelapa, baby oil atau minyak zaitun.
Berikut ini adalah beberapa cara memijat perut bayi :
• Gunakan ujung jari bunda untuk membuat gerakan melingkar pada bagian perut bayi dengan pola searah jarum jam.
• lakukan pemijatan penuh di daerah perut bayi lalu gosok perut searah jarum jam.
• Menekuk lutut dan kaki bayi secara bersamaan kemudian dorong ke arah perut, lakukan dengan lembut.
• belai bayi mulai dari tulang rusuk kemudian ke bawah melewati pusar dengan ujung jari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *