Menikmati Pedasnya Oseng Mercon Bu Narti

Oseng mercon Bu Narti merupakan salah satu kuliner khas kota Jogjakarta yang tidak boleh Kamu lewati bila berkunjung ke kota tersebut. Jogja memang memiliki ragam kuliner yang menarik, tidak hanya gudeg saja banyak sekali menu makanan lainnya yang bisa bikin ketagihan dan salah satunya oseng mercon ini. Ada beberapa warung oseng mercon di Jogja, tapi warung Bu Narti jadi salah satu yang paling direkomendasikan.

Bu Narti sudah berjualan oseng mercon ini sekitar tahun 1998 saat Indonesia sedang krisis ekonomi. Dalam bahasa Indonesia mercon adalah petasan yang biasa digunakan saat perayaan Imlek. Disebut sebagai mercon karena memang rasa pedas dari makanan ini seolah meledak ketika dimasukkan ke dalam mulut. Penamaan mercon adalah usulan dari budayawan Cak Nun. Cak nun sering makan hidangan ini bersama istrinya atau seniman lainnya,  karena menu makanannya sangat pedas maka diberi nama mercon.

Oseng mercon Bu Narti adalah makanan super pedas dengan bahan dasar kikil yang dicampur dengan aneka bumbu dapur pilihan. Makanan ini disajikan dengan kikil, gajih, kulit, tulang muda, dan koyoran ditambah dengan irisan cabe rawit yang sangat banyak kemudian di tambah nasi putih panas.

Biasanya orang-orang yang makan mercon ini dilakukan dengan cepat karena bila makannya lambat maka akan semakin pedas rasanya.

Oseng mercon Bu Narti ini buka mulai jam 17.00 hingga 00.00 WIB. Daerahnya berada di kawasan Kauman atau tepatnya di Jalan KH Ahmaf Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta. Saat malam hari, biasanya warung ini semakin ramai oleh pengunjung.

Apalagi ketika weekend tiba biasanya akan semakin ramai. Tidak salah bila Bu Narti menambahkan stok 50 kg koyor daging dan 6 kg cabai. Makanan ini juga cocok dimakan di segala suasana. Saat sedang hujan atau saat musim panas, anda harus selalu siap dengan rasa pedasnya.

Jika anda tidak suka dengan menu makanan pedas, tenang saja karena di warung Bu Narti tidak hanya menyajikan oseng mercon saja tapi juga beberapa menu lainnya seperti ayam, burung puyuh dan lele.

Jadi, bagi anda pecinta kuliner yang sedang berkunjung dan berwisata ke Jogjakarta siap-siap merasakan sensasi pedas dari oseng mercon Bu Narti. Dijamin ketagihan dan selalu ingin kembali lagi makan di warung ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *